Friday, August 8, 2014

CACHE SQUID PENUH

Ane punya sedikit cerita tentang Squid3 Ubuntu 13.04 server , kisah bermula dari browsing yang sedikit error/mengalami gangguan, berulang kali ane restart service squid3 tapi masih tetep aja error , setelah ane cek lagi ternyata direktory cache nya  penuh, wadaw ini dia sumber masalahnya, akhirnya ane baypass dulu user dari proxy, kemudian ane delete / hapus direktory cache squid3 kalo punya ane ada di /var/spool/squid3 , setelah ane delete ane coba bikin cache direktory lagi dengan perintah squid3 -z , tapi wadaw muncul pesan error yang katanya permission denied 13
"FATAL : Failed to make swap directory /var/spool/squid3: (13) Permission denied"


bukanya menuelesaikan masalah tapi yang ada menambah masalah, cari2 di mbah google ga ketemu2 , taunya keywordnya salah , setelah pencarian yang tiada henti di mbah google akhirnya ane nemu di blog sini begini penjelasanya :

1. kalo direktory cache squid agan udah penuh, hapus aja direktory cache nya contoh punya saya ada di /var/spool/squid3 (untuk punya juragan silahkan cek di squid.conf pada tag cache_dir) kemudian masuk ke direktory /var/spool
cd /var/spool
kemudian saya hapus direktory cache nya
sudo rm -rf squid3
setelah beberapa menit maka direktory cache terhapus
2. kalo udah terhpus agan bikin direktory cache sesuaikan nama direktorynya dengan yang ada di squid.conf . dan masih pada direktory spoll (/var/spool/) ane buat cache direktory
sudo mkdir squid3
3. setelah direktory cache dibuat kita set permission untuk squid3 , untuk cek permission agan harus membuka file squid.conf dan lihat tag/baris # cache_effective_user
jika pada squid.conf punya agan # cache_effective_user nouser  maka agan harus mengganti # cache_effective_user squid kemudian agan bikin user di ubuntu server dengan perintah
sudo useradd squid
dan sett permission dengan perintah
chown -R squid.squid /var/spool/squid3

tapi untuk squid 3 biasanya di squid.conf pada tag/baris # cache_effective_user secara default sudah ada usernya # cache_effective_user proxy jadi setelah membuat direktory cache agan tinggal sett permission dengan perintah
chown -R proxy.proxy /var/spool/squid3 

4. setelah langkah 1,2,3 sekarang agan tinggal menjalankan perintah squid3 -z untuk membuat cache squid

S E L A M A T  M E N C O B A  D A N  G O O D  L U C K

No comments: