Monday, August 18, 2014

Setting Notifikasi Via Email di Mikrotik

Selamat siang agan-agan semua, ane mau sedikit share lagi tentang gimana sih caranya kalo kita mengecek koneksi jaringan yang lokasinya jauh tanpa menunggu user tersebut komplain, pertama kita harus manfaatin fitur email dan netwatch di mikrotik , karena fitur ini sangat membantu dan saling keterkaitan, baiklah para juragan semua langsung aja kita bahas step-stepnya

1. tentukan ip yang ada pada lokasi terjauh , disini misalnya saya akan monitoring ip 172.16.2.107 , jadi saya pengen kalo ip tersebut RTO ( Request Time Out ) mikrotik ngasih tau via email kalo ip tersebut RTO , ini berarti di lokasi tersebut ada masalah jaringan.



2. setting monitoring ip lewat netwatch , pilih tools => netwatch
tentukan ip dan intervalnya disini saya isi interval tiap 10 detik mikrotik akan mengecek ke ip tersebut


3. pada tab up dan down kita isi script/perintah yang akan dilakukan mikrotik jika ip tersebut up ataupun down , disini saya akan kasih perintah mikrotik akan kirim email jika ip yang di monitor up atau down

ini contoh scriptnya :
/tool e-mail send tls=yes to=xxx@yyy.zzz.com subject=FYI body="IP CCTV INSECT MATI" from=xxx@yyy.com

itu adalah script jika ip yang di monitoring down / RTO , untuk script UP nya tinggal copas aja dan modifikasi di bagian body

4. script diatas belum bisa berjalan, karena  kita belum setting fitur email yang ada di mikrotik, sekarang pilih tools ==>> email


disini saya menggunakan gmail , pada server isi dengan ip 173.194.79.109 dan port 587 untuk user dan password silahkan agan pakai email / gmail agan , email ini harus sama dengan yang si script Netwatch pada bagian from.

5. Nah sekarang silahkan di test dengan mendisable eth mikrotik yang menuju ip 172.16.2.107 apakah mikrotik akan melakukan pengiriman email ???? jika lihat di log untuk mengecek kesalahan settingan.

S E M O G A  B E R H A S I L

No comments: